PRI Bangun Pemukiman Pengungsi Terpadu Kampung Berkah Di Lembah Harapan Majene

PRI Akan Membangun Pemukiman Pengungsi Terpadu Kampung Berkah Di Lembah Harapan Majene

Site plan pemukiman pengungsi terpadu Lembah Harapan Majene

2 bulan pasca bencana gempa bumi yang melanda kabupaten Mamuju dan Majene Provinsi Sulawesi Barat, Para Relawan Indonesia (PRI) yang hadir di lokasi bencana sejak tanggal 16 Januari 2021 terus bergerak membantu para korban.

Program PRI yang terbaru adalah akan melaunching program relokasi warga yaitu pembangunan Pemukiman Pengungsi Terpadu Kampung Berkah untuk warga Tamerimbi Desa Kabiraan Kecamatan Ulumanda di bulan maret 2021.

Titik nol Kampung Berkah Lembah Harapan Majene. Di titik ini akan di bangun Masjid sebagai epicentrum pemukiman.

Saat ini sedang berlangsung proses pembebasan lahan seluas 2 hektar di Lembah Harapan Tamerimbi. Setelah tuntas maka lokasinya akan segera di matangkan menggunakan alat berat untuk selanjutnya di lakukan groundbreaking pada pekan keempat maret 2021.

Di rencakan di Pemukiman Pengungsi Terpadu Kampung Berkah Majene akan di bangun ±40 rumah warga, Masjid, Pondok Pesantren Tahfidz, Aula Serbaguna, inkubator UMKM dan Pertanian, Villa Tamu dan berbagai fasilitas lainnya.

Roni Saputra, Relawan PRI yang berasal dari Jayapura Papua dan mengemban amanah sebagai Korlap pembangunan Kampung Berkah Majene menjelaskan bahwa Kampung Berkah Majene adalah Kampung Berkah ketiga yang di bangun pasca becana setelah Kampung Berkah pertama di Sigi Palu Sulteng dan Kampung Berkah kedua di Masamba Luwu Utara.

“Kampung Berkah Majene adalah program pasca bencana yang sifatnya jangka panjang. KB tidak hanya tentang relokasi warga, tapi juga pembinaan jangka panjang dari berbagai sector. Kampung Berkah juga meliputi pembinaan syiar agama dan penghafalan Qur’an, pembinaan dan pemberdayaan ekonomi dan Pertanian untuk peningkatan taraf hidup masyarakat di masa depan”. Jelas Roni.

Mohon do’a dan supportnya semoga Kampung Berkah Majene bisa di wujudkan.

Tim Media PRI

Comments
Loading...