Catatan 2 Tahun Perjuangan Para Relawan Indonesia

Ibarat balita, fase usia 2 tahun adalah fase mulai gencar bertumbuhnya gigi atau fase dimana balita sudah bisa berjalan dan berlari-lari kecil. Atau fase sedang lucu-lucunya nan menggemaskan karena sudah mulai belajar meniru gerak orang dewasa.

Kurang lebihnya begitulah Para Relawan Indonesia saat ini. Sejak di dirikan dan di ikhtiarkan sebagai wadah perjuangan dalam menebar kebaikan, kemanfaatan dan kemaslahatan untuk kemanusiaan dan keummatan pada 1 oktober 2018, PRI terus bertumbuh dan bergerak dengan seluruh potensi yg dimilikinya.

Posko PRI Baliase Masamba

Dengan konsep relawan mandiri, maka PRI di perhadapkan pada tantangan yg tidak mudah. Setiap member PRI di tuntut untuk menjadi pelopor sekaligus penggerak dan penyeru dalam gerak memanusiakan manusia. Setiap member di tuntut utk berdonasi sebelum mengajak orang lain berdonasi, bergerak sebelum mengajak orang lain untuk bergerak, berbagi sebelum mengajak orang lain berbagi. Lakukan baru kemudian mengajak dan menyeru. Karena setiap member PRI adalah uswah atau teladan.

Alhamdulillah, dalam masa 2 tahun ini, PRI telah terlibat aktif pada moment-moment perjuangan di Bencana Alam Gempa Bumi Likuifaksi Tsunami Palu Sigi Donggala, Bencana Gempa Bumi Halmahera, banjir Konawe dan Konawe Selatan, Banjir Bandang Sigi, Barru, Soppeng, Jeneponto, Lutra, Bencana kemanusiaan Wamena Papua, Banjir dan longsor Banten Bogor.

PRI di masa pandemi Covid-19 ikut aktif mengambil peran dengan menginisiasi pendirian Rumah Sakit Darurat Covid-19 Makassar, berbagi Hand disinfectan, masker, dan lainnya. PRI juga aktif me lakukan program bedah madrasah, bedah rumah, sunatan massal, dan lainnya.

Di Palu pasca bencana, PRI menginisiasi dan mendirikan serta mengelola Pemukiman Pengungsi Terpadu Kampung Berkah Pasigala dengan program menyediakan rumah hunian untuk korban bencana dan kaum dhu’afa. Selain itu Kampung Berkah Pasigala mengelola Pesantren Tahfidz gratis utk anak-anak yatim, dhu’afa dan korban bencana. Kampung Berkah juga aktif melakukan pelatihan berwira usaha untuk UMKM agar segera bisa bangkit pasca bencana.

BerQurban di Kampung Berkah Pasigala

Saat ini, PRI menginisiasi dan sedang mengikhtiarkan pendirian Kampung Berkah kedua di Masamba Kabupaten Luwu Utara pasca banjir Bandang pada 13 Juli 2020. Sesuai rencana akan di laksanakan groundbreaking peletakan batu pertama pada pekan oktober 2020.

Tentu saja, di usia 2 tahun, kita berharap peran PRI untuk perjuangan kemanusiaan dan keummatan bisa semakin membesar, meluas dan massive serta terorganisir.

Di akhir catatan ini, kami menghaturkan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh pihak khususnya para #sahabatdermawan #mukhlisin #mukhsinin yang telah membersamai perjuangan Para Relawan Indonesia dalam 2 tahun ini. Jazakumullah khairan katsir, semoga Allah Ta’ala membalas seluruhnya dengan balasan berlipat ganda dunia akhirat.

Teruslah Menebar Kebaikan, Kemanfaatan dan Kemaslahatan untuk Kemanusiaan dan Keummatan.

2 Tahun
Para Relawan Indonesia
The Volunteers Of Indonesia
1 Oktober 2018 – 2020

NR Dang
Founder Para Relawan Indonesia

Comments
Loading...