Tenda Pengungsian Korban Banjir Masamba Masih Tersebar

Memasuki hari keempat pasca bencana, tenda-te nda pengungsian di Meli masih tersebar di area yg sangat luas di area perkebunan kelapa sawit yg tingginya kira-kira baru semeter, belum tertata berlum terkoordinir dengan baik.


Distribusi bantuan logistik juga bersifat sporadis belum merata belum terkoordinir, ada yg dapat banyak sampai bertumpuk-tumpuk ada juga yang dapat sedikit. Jenis bantuan dominan sembako berupa mie instan, beras dll. Yang paling menumpuk dan berlebihan adalah pakaian bekas.

Sampai hari keempat belum ada toilet yg selesai yg siap pakai, kamar mandi jufa belum ada, masih sementara dibangun. Tandon-tandon air berukuran 1 kubik baru sementara didrop, belum terpasang menunggu pemilihan lokasi penampungan air yang tepat. Dikhawatirkan ratusan orang yg buang air sembarangan akan menimbulkan penyakit dan bau yg tidak sedap. Jika sistem sanitasi ini tidk segera dibangun dikhawatirkan akan merebak penyakit saluran cerna seperti diare, typus dan lainnya.

Dibutuhkan koordinasi agar tenda-tanda itu direlokasi untuk dikonsentrasikan pada 1 atau 2 area saja untuk memudahkan pelayanan. Jika sudah terkonsentrasi maka bisa dibuatkan MCK umum, klinik darurat, dapur umum dll. Penataan ini sangat mendesak utk segera ditindak lanjuti agar semua potensi bisa disatukan dan bantuan yg datang bisa dimaksimalkan dan tdk mubazir.

Masyarakat pengungsi juga perlu dibuatkan organisasi agar semua bantuan yang datang diterima dan ditampung pada satu tempat oleh masing-masing kelompok utk menghindari penumpukan dan kecemburuan diantara sesama pengungsi. Diharapkan setelah terbentuk organisasinya maka para relawan atau donatur tdk langsung membongkar barang di tenda-tanda penduduk. Ini agar pembagian bantuan bisa terkoordinir, adil dan merata.

Hari-hari kedepan yg mungkin juga akan jadi masalah adalah tumpukan sampah. Sampah2 ini saya perkirakan akan banyak sekali karena kebanyakan donasi berbungkus plastik dan kardus.

Kebutuhan harian yg masih dibutuhkan yaitu, alat dan bahan kebersihan pribadi seperti sabun, odol, sikat gigi, pembalut wanita, pakaian dalam wanita, popok bayi.

Bahan-bahan utk cucian seperi sabun cuci, tali jemuran, hanger gantungan baju, penjepit jemuran.

Kebutuhan dapur seperti panci, piring, bumbu masak dll.

Pendataan juga penting, tentang kelompok umur, bayi dan ibu hamil, orang tua yg rentan penyakit dan penyakit-penyakit kronis yg di derita.

Pekan depan ketika musim hujan mulai reda, terik matahari akan membuat lingkungan pengungsian akan banyak debu, rawan terhadap munculnya penyakit pernapasan.

Hari ini Insya Allah sudah terpasang bak2 penampungan air, pipa dan kran.

Dr. Hisbullah
Relawan

Comments
Loading...