PEMUKIMAN PENGUNGSI TERPADU KAMPUNG BERKAH PASIGALA

PEMUKIMAN PENGUNGSI TERPADU KAMPUNG BERKAH PASIGALA

Kampung Berkah Pasigala adalah Pemukiman Pengungsi Terpadu yang di peruntukkan untuk para pengungsi korban bencana Tsunami, Gempa Bumi dan Likuifaksi di Palu, Sigi dan Donggala (Pasigala). Lokasinya untuk saat ini seluas 2 hektar di Bukit Poi Popa Desa Pombewe Kec. Sigi Biromaru Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah. Jarak tempuh dari pusat Kota Palu dengan berkendara mobil atau motor ± 25 menit.

Di gagas oleh PRI (Para Relawan Indonesia) pasca terjadinya bencana, Kampung Berkah Pasigala adalah tahapan ketiga atau tahap recovery sosio ekonomi spiritual setelah melalui tahap satu tanggap darurat bencana di 1 bulan pertama dan tahap kedua pendirian dan pengelolaan shelter pengungsi terpadu di 3 bulan pertama. Di tahap ketiga recovery penanganan pasca bencana ini, di harapkan menjadi proyek percontohan PRI di masa depan dalam menangani suatu kejadian baik bencana alam maupun bencana kemanusiaan yang bersifat massive atau crowded complicated seperti halnya yang terjadi di Pasigala.

Kampung Berkah Pasigala di konsep sebagai pemukiman terpadu yang mandiri, nyaman dan islami, yang terintegrasi dengan fasilitas edukasi, enterpreneur dan wisata spiritual. Sejak ground breaking pada tanggal 6 Desember 2018 hingga saat ini, sudah terbangun beberapa fasilitas di antaranya : 1 Masjid, 1 unit tempat wudhu, 1 Aula, 2 Villa Tamu, 2 asrama tahfidz, 5 unit rumah tipe 36 Hunian tetap pengungsi, 1 kantin/kantor, dengan progres pembangunan rata-rata antara 40% s/d 90%. Menyusul akan di bangun 20 unit Hunian tetap, 4 unit rumah produksi enterpreneur, dan berbagai fasilitas lainnya.

Selain progres pembangunan fisik, saat ini relawan PRI di Kampung Berkah Pasigala juga melakukan berbagai program kegiatan positif, di antaranya : Membuka kelas Qur’anic Trauma Healing harian untuk anak-anak di Majid kampung Paneki, mendistribusikan bantuan logistik sembako secara berkala ke titik-titik pengungsian, berkeliling trauma healing dari sekolah ke sekolah, di bulan Ramadhan yg lalu melaksanakan program Ramadhan Qur’anic Camp selama 2 pekan di bukit Poi Popa yg di ikuti oleh 30 anak usia 7 s/d 17 tahun program hafalan juz 30, dan berbagai kegiatan positif lainnya.

InsyaAllah sesuai rencana, Pesantren Tahfidz Kampung Berkah Pasigala akan resmi beraktifitas dengan memondokkan santri pada akhir Juli 2019. Sementara peresmian Kampung Berkah Pasigala akan di laksanakan pada akhir bulan Agustus 2019.

Mohon support dan do’a terbaik dari kita semua, semoga Kampung Berkah Pasigala bisa segera mewujud dan di maksimalisasi untuk mendukung recovery sosial, ekonomi dan spiritual pasca bencana massiv di Pasigala.

NR Daeng
Penanggung Jawab Kampung Berkah Pasigala.
Pendiri Para Relawan Indonesia.

Comments
Loading...